Beranda Nikmati Proses? NYANGKU PANJALU WARISAN BUDAYA NUSANTARA

NYANGKU PANJALU WARISAN BUDAYA NUSANTARA

37
0
BERBAGI

NYANGKU PANJALU WARISAN BUDAYA NUSANTARA 

(CIAMIS,27/11/2019). Nyangku Panjalu bagian dari warisan budaya Nusantara. Nyangku yang mempunyai arti nya’angan laku (menerangi prilaku), merupakan tradisi turun temurun yang dilaksanakan oleh para keturunan kerajaan Panjalu dan masyarakatnya.

Tradisi nyangku, pelaksanaannya mirip dengan acara Panjang Jimat yang dilakukan oleh Kasultanan Cirebon setiap tanggal 1 Maulud, maupun acara serupa di Yogyakarta atau Solo. Bedanya, tradisi Nyangku berakhir di komplek makam Prabu Borosngora yang berada di tengah Nusa Gede Situ Panjalu, setelah diarak keliling alun-alun Panjalu dan dimandikan di sana.

Pintu Gerbang Makam Raja Panjalu di Tengah Nusa Situ Lengkong

Tradisi nyangku bukan untuk memuja-muja barang peninggalan leluhur, tetapi upacara tersebut diselenggarakan untuk mengingat jasa dan perjuangan leluhur masyarakat Panjalu, yakni Prabu Sanghiang Borosngora. Tradisi itu diikuti oleh masyarakat Panjalu yang berasal dari berbagai daerah.

Prabu Sanghiang Borosngora adalah, Raja Panjalu yang arif dan bijaksana itu yang dianggap leluhur oleh  masyarakat Panjalu dan juga penyebar agama Islam pertama di daerah tersebut.

Beberapa bukti peninggalannya seperti benda-benda pusaka berbentuk pedang, keris, kujang dan lainnya. Satu di antaranya adalah pedang pemberian Sayyidina Ali, sahabat Nabi Muhammad SAW, ketika Borosngora berkunjung ke Mekah.

Benda-benda yang dianggap pusaka itu disimpan dan dirawat dengan baik di Bumi Alit, sebuah bangunan kecil berbentuk panggung di dekat alun-alun Panjalu. Melalui pusakanya itu, Sanghiang Borosngora berpesan kepada anak cucunya, jika ingin melihatnya tidak perlu mencari di mana ia berada, tetapi cukup dengan melihat benda-benda pusakanya.***


Melayani Hypnotherapi, Hypnotis Training, dan Ruqyah Syar’iyyah Setiap Hari Sabtu dan Minggu. Hubungi: Dr.Gumilar,S.Pd.,MM.,CH.,CHt.,pNNLP, Contact PersonHP. 081323230058

BERBAGI
Artikel sebelumyaNYANGKU PANJALU: “Seni Bebegig “
Artikel berikutnyaPANTAI KARAPYAK PANGANDARAN
(Dr. GUMILAR, S.Pd.,MM, CH.,CHt.,pNNLP) ------ GUMILAR, dilahirkan di: Dusun Panoongan, Desa Kertaraharja, Kec. Panumbangan, Ciamis Jawa Barat Tgl.05 Juli 1971. Pendidikan Formal: Tgl. 31 Desember 2008 Lulus S-3 (Doktor Ilmu Administrasi Pendidikan) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, dapat ditempuh selama 2 (dua) th lulus.;Tahun 2002: S-2 Magister Manajemen Konsentrasi Management Marketing UNIGAL Ciamis; Tahun 1997: S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNIGAL Ciamis; Tahun 1992: D-2 PGSD UPI Bandung; Tahun 1990: SMA Negeri Panumbangan; ------ GELAR HIPNOTIST: 2011: Gelar CH (Certified Hypnotist) dan CHt (Certified Hypnotherapist) dan pNNLP (practitioner Neo Neuro Linguistic Programing) diperoleh dari Indonesian School of Hypnosis & Hypnotherapy (ISHH) dan Indonesia Board Hypnosis (IBH)**