Ponpes Nurul Firdaus Sembuhkan Anak yang Kecanduan Main Games

Ponpes Nurul Firdaus Sembuhkan Anak yang Kecanduan Main Games

CIAMIS (06/02/2018). Pondok Pesantren Nurul Firdaus di Dusun Panoongan, Desa Kertaraharja, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat membuka pesantren rehabilitas mental remaja. Cara penyembuhannya dengan metode pendekatan hypnotherapi dan ruqyah syar’iyyah.

Sesepuh dan Pendiri Yayasan Ponpes Nurul Firdaus DR Gumilar mengatakan, sejak lama ponpes Nurul Firdaus memiliki santri akibat Kecanduan Games. “Sadar atau tidak di antara kita sebagai orang tua memberikan fasilitas maksimal seperti televisi, smartphone, konsolgame dan yang lainnya. Nah itulah penyebabnya. Maksudnya sih tadinya untuk menyenangkan hati anak, tetapi bisa berujung malapetaka ya anak bisa kecanduan game,” katanya.

Menurut Gumilar, karena game memberikan efek kesenangan, meskipun beberapa jenis games seperti yang bergenre fantasy, horror, action, comedy memiliki kesulitan tapi tetap orang kecanduan. Anak atau pemain games akan sangat cepat beradaptasinya dengan games tersebut sehingga menyebabkan kecanduan.

Dijelaskan Ciri-ciri anak kecanduan game diantaranya, bermain game yang sama dalam waktu yang lama, rela mengeluarkan banyak uang untuk main game, prestasi sekolah menurun anak jadi malas belajar, lebih suka mempelajari strategi game daripada mempelajari pelajaran sekolah, menghabiskan waktu hanya untuk bermain satu game, kumpul cuma sama sesama gamer, kesal dan marah jika dilarang total main sebuah game, sangat antusias sekali jika ditanya permasalahan sebuah game daripada permasalahan lainnya.

(dar)

Pos terkait

banner 468x60