Beranda Nikmati Proses? NYANGKU PANJALU: ” Bebegig & Tarian Saman Bungong Jeumpa”

NYANGKU PANJALU: ” Bebegig & Tarian Saman Bungong Jeumpa”

59
0
BERBAGI

NYANGKU PANJALU: “Bebegig  & Tarian Saman Bungong Jeumpa”

(CIAMIS,26/11/2019).  Tarian Bebegig dan Saman Bungong Jeumpa ditampilkan dalam acara pembukaan Nyangku Upacara adat Panjalu hingga cukup memukau pengunjung. Ditampilkan pula seni tradisional lokal Pencak Silat, Bangreng, dan seni lainnya.

Penari Saman Bungong Jeumpa Saat Nyangku di Panjalu 

Bebegig di Panjalu dan Sukamantri  bukanlah orang-orangan sawah melainkan kesenian tari-tarian dari Ciamis yang menggunakan topeng kepala Singa seperti Topeng Barong dari Jawa dan Bali, Adapun yang membedakannya topeng ini mengenakan rambut gimbal dari susunan bunga rotan atau bunga caruluk yang disebut bubuai.

Bebegig Memiliki Ciri Khas pada Bagian Rambutnya.

Bebegig merupakan representasi penjaga lingkungan alam sekitar. Bebegig berkaitan erat dengan wilayah sebelah Utara Desa Sukamantri, yang disebut Tawang Gantungan, sebuah bukit dengan hutan larangan yang masih dianggap keramat dan angker.

Bebegig topeng ini mengenakan rambut gimbal dari susunan bunga rotan atau bunga caruluk yang disebut bubuai.

Wilayah ini oleh masyarakat setempat dipercaya sebagai bekas kerajaan. Orang yang berkuasa di wilayah Tawang Gantungan pada waktu itu adalah Prabu Sampulur, yang dikenal sakti dan juga cerdik. Untuk menjaga dari gangguan orang yang punya niat jahat, dibuatlah topeng-topeng dari kulit kayu yang sedemikian rupa menyerupai wajah yang menyeramkan.

Pementasan Seni Bebegig Panjalu, Mendapatkan Apresiasi Positif dari Pengunjung

Kesenian Bebegig ini sering  ditampilkan dalam acara Nyangku Upacara Adat Panjalu. Nyangku adalah upacara adat yang dilaksanakan di Dusun/Desa Panjalu, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat. Dataran tinggi dengan suhu dingin, jika musim penghujan selalu diselimuti  kabut.

Upacara Nyangku berupa rangkaian prosesi adat penyucian benda-benda pusaka peninggalan Prabu Sanghyang Borosngora, para raja, dan bupati Panjalu juga penerusnya yang tersimpan di Pasucian Bumi Alit.***


Melayani Hypnotherapi, Hypnotis Training, dan Ruqyah Syar’iyyah Setiap Hari Sabtu dan Minggu. Hubungi: Dr.Gumilar,S.Pd.,MM.,CH.,CHt.,pNNLP, Contact PersonHP. 081323230058.

 

BERBAGI
Artikel sebelumyaNYANGKU UPACARA ADAT PANJALU
Artikel berikutnyaNYANGKU PANJALU: “Seni Bebegig “
(Dr. GUMILAR, S.Pd.,MM, CH.,CHt.,pNNLP) ------ GUMILAR, dilahirkan di: Dusun Panoongan, Desa Kertaraharja, Kec. Panumbangan, Ciamis Jawa Barat Tgl.05 Juli 1971. Pendidikan Formal: Tgl. 31 Desember 2008 Lulus S-3 (Doktor Ilmu Administrasi Pendidikan) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, dapat ditempuh selama 2 (dua) th lulus.;Tahun 2002: S-2 Magister Manajemen Konsentrasi Management Marketing UNIGAL Ciamis; Tahun 1997: S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNIGAL Ciamis; Tahun 1992: D-2 PGSD UPI Bandung; Tahun 1990: SMA Negeri Panumbangan; ------ GELAR HIPNOTIST: 2011: Gelar CH (Certified Hypnotist) dan CHt (Certified Hypnotherapist) dan pNNLP (practitioner Neo Neuro Linguistic Programing) diperoleh dari Indonesian School of Hypnosis & Hypnotherapy (ISHH) dan Indonesia Board Hypnosis (IBH)**