Beranda Nikmati Proses? NYANGKU UPACARA ADAT PANJALU

NYANGKU UPACARA ADAT PANJALU

69
0
BERBAGI

NYANGKU UPACARA ADAT PANJALU

(CIAMIS, 26/11/2019). Nyangku adalah upacara adat yang dilaksanakan di Dusun/Desa Panjalu, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat. Dataran tinggi dengan suhu dingin, jika musim penghujan selalu diselimuti  kabut. 

Nyangku dimaksudkan untuk membersihkan benda pusaka sebagai penghormatan terhadap leluhur

Upacara Nyangku berupa rangkaian prosesi adat penyucian benda-benda pusaka peninggalan Prabu Sanghyang Borosngora, para raja, dan bupati Panjalu juga penerusnya yang tersimpan di Pasucian Bumi Alit.

Benda-benda pusaka yang dimandikan, antara lain, Pedang Zulfikar, Keris Pancaworo, Bangreng, Goong Kecil, Cis, Keris Komando, Trisula dan lainnya.

Hypatia Gahara Berfoto di Bawah Patung Maung Panjalu, Symbol Kekuasaan, Keagungan dan Kekuatan.

Upacara Nyangku dimaksudkan untuk membersihkan benda pusaka sebagai penghormatan terhadap leluhur Panjalu yang telah menyebarkan agama Islam.

Istilah Nyangku berasal dari kata yanko yang dalam bahasa Arab artinya membersihkan. Namun, pelafalannya berubah menjadi nyangku. Nyangku dalam bahasa Sunda dapat berupa akronim dari nyaangan laku atau menerangi perilaku.

Prosesi Membersihkan Benda Pusaka oleh Para Sesepuh Panjalu

Upacara Nyangku  diadakan masyarakat Panjalu pada hari Senin atau Kamis terakhir bulan Maulud atau Rabiul Awal. Selain untuk merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, tradisi ini dilaksanakan juga untuk mengenang jasa Prabu Sanghyang Borosngora dan Raja Panjalu yang sudah memeluk agama Islam dan menyebarkan ajarannya di Panjalu.

Nyangku digunakan untuk berintrospeksi diri dari perbuatan yang tidak sesuai dengan norma agama dan norma adat.***


Melayani Hypnotherapi, Hypnotis Training, dan Ruqyah Syar’iyyah Setiap Hari Sabtu dan Minggu. Hubungi: Dr.Gumilar,S.Pd.,MM.,CH.,CHt.,pNNLP, Contact PersonHP. 081323230058

BERBAGI
Artikel sebelumyaSOLUSI KEHIDUPAN DI PONPES NURUL FIRDAUS
Artikel berikutnyaNYANGKU PANJALU: ” Bebegig & Tarian Saman Bungong Jeumpa”
(Dr. GUMILAR, S.Pd.,MM, CH.,CHt.,pNNLP) ------ GUMILAR, dilahirkan di: Dusun Panoongan, Desa Kertaraharja, Kec. Panumbangan, Ciamis Jawa Barat Tgl.05 Juli 1971. Pendidikan Formal: Tgl. 31 Desember 2008 Lulus S-3 (Doktor Ilmu Administrasi Pendidikan) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, dapat ditempuh selama 2 (dua) th lulus.;Tahun 2002: S-2 Magister Manajemen Konsentrasi Management Marketing UNIGAL Ciamis; Tahun 1997: S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNIGAL Ciamis; Tahun 1992: D-2 PGSD UPI Bandung; Tahun 1990: SMA Negeri Panumbangan; ------ GELAR HIPNOTIST: 2011: Gelar CH (Certified Hypnotist) dan CHt (Certified Hypnotherapist) dan pNNLP (practitioner Neo Neuro Linguistic Programing) diperoleh dari Indonesian School of Hypnosis & Hypnotherapy (ISHH) dan Indonesia Board Hypnosis (IBH)**