CARA CEPAT MENJADI CREATOR PROFESSIONAL || Berikut Tips dan Triknya

CARA CEPAT MENJADI CREATOR PROFESSIONAL || Berikut Tips dan Triknya

Dr. Gumilar, S.Pd.,MM.,CH.,CHt.,pNNLP
Dr. Gumilar, S.Pd.,MM.,CH.,CHt.,pNNLP

(CIAMIS, 08/03/2022). Era digital saat ini telah merubah peta jalan bisnis industri media di dunia, salah satunya di Indonesia. Persaingan bisnis ini diramaikan dengan tingkat kebutuhan yang tinggi pemilik media digital terhadap jasa seorang kontent kreator.
Para kontent kreator ini dipakai jasanya untuk dijadikan tenaga kreatif dalam penyusunan berita yang informatif, menarik dan memenuhi selera pembaca dengan penghasilan bisa mencapai hingga puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

Seberapa sulitkah menjadi seorang konten kreator…? Berapa lama waktu yang dibutuhkan…? Kemampuan apa saja yang harus dimiliki…?

Berikut beberapa tips dan triknya untuk menjadi konten kreator handal hanya dalam waktu kurang dari seminggu:

1.Kemampuan dasar yang harus dimiliki;

• Bisa menulis dan membaca.
Menulis dan membaca adalah kemampuan paling dasar yang harus dimiliki seorang konten kreator, karena bidang pekerjaan yang akan digeluti berkutat diseputaran bahasa dan kalimat.

• Memahami dan menguasai Gramatika.
Secara sederhana Gramatika diartikan sebagai Penguasaan atas Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai standar Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).

• Memahami Ekosistem Media Online dan karakteristik penghuninya.
Penghuni terbesar Ekosistem Media Online adalah Mesin Pencarian atau Browse, Agregator Content dan Media Sosial.
Mesin Pencarian atau Browse seperti Google Chrome, Mozilla, Yahoo, Yandex dan UC Browse. Agregator Content seperti Babe, Baca, Kurio, dan UC News. Media sosial seperti Whatsapp, Line, Tiktok, Facebook, IN, Twitter dan Instagram.

• Memahami Semesta Media Online.
Selain oleh awak Media Digital serta media sosial, Semesta Media Online juga dihuni oleh Dewan Pers yang mempunyai tugas untuk menyusun dan mengawasi aturan hukum dibidang kejournalistikan serta memediasi setiap permasalahan yang timbul akibat produk berita yang merugikan pihak lain.
Sementara lembaga seperti First Draft, Google News Initiative, FCN, Facebook Journalism Project dan Mafindo berfungsi untuk menangkal berita hoaks dan clickbait yang merugikan pembaca media sosial dan media online.
Penghuni lain pada Semesta Media Online adalah lembaga digital yang berfungsi sebagai alat ukur digital seperti Similar Web, Alexa, Com scome dan Google Analytic.

• Memahami dan aktif dalam Media Sosial.
Untuk mendapatkan tulisan yang digemari atau dimintai oleh audiens, seorang konten kreator harus aktif di media sosial. Tujuanya agar dapat memahami kebiasaan para warganet dan trending topic yang sedang diminati oleh mereka, sehingga tulisan yang dibuat akan laris manis dijagat maya.

• Melakukan Direct Traffic.
Merupakan langkah promosi maksimal tanpa spaming (nyampah) yang dilakukan oleh seorang konten kreator atas karya tulisannya secara door to door, bekerja sama dengan media partner atau melalui website yang ada.

2.Kemampuan Lanjutan yang harus selalu diasah;

• Memahami dan menguasai SEO
Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah upaya untuk mengoptimasi website atau konten agar mendapat ranking teratas di mesin pencarian seperti Google.
Tujuanya untuk menyedot lebih banyak traffic dan transaksi pada website atau konten yang kita tulis yang akan dikonversi menjadi rupiah. Semakin banyak tulisan yang trending dan dibaca orang semakin besar penghasilan yang didapatkan.

• Pandai memilih kata kunci dan menentukan judul
Memilih kata kunci yang lagi trending dari Google Trends atau Medsos dan menempatkannya pada sisi paling kiri judul serta ditulis ulang di tubuh artikel pada paragraf satu, dua, dan tiga.
Judul sebaiknya disampaikan secara jelas, memiliki kata kunci, logika kalimatnya betul, dan memenuhi setidaknya satu dari dua puluh kriteria.

• Teliti dalam membuat tulisan
Menghindari kesalahan ketik atau saltik. Memakai fonetik yang pas baik ejaan maupun tanda baca.
Memilih morfologi secara tepat yang meliputi diksi atau pemilihan kata, imbuhan, istilah asing, dan kata majemuk.
Membuat struktur kalimat, paragraf, dan logika bahasa yang tepat atau yang lebih dikenal dengan istilah sintaksis.

3.Mengatasi Kesulitan hal yang harus dilakukan;

• Gunakan link resmi KBBI dan PUEBI untuk mempelajari dan memahami Gramatika sampai mengerti.

• Gunakan mesin pencari Google untuk menambah pengetahuan mengenai SEO.

• Mempelajari bentuk tulisan dan gaya bahasa artikel dari situs terpopuler yang bertebaran di mesin pencari.

• Belajar secara daring dengan ahli yang membuka kolom tanya jawab pada websitenya.

• Pupuk tekad dan semangat yang ada dan jangan mudah menyerah.

• Bikin minimal sepuluh konten dalam sehari yang bersumber dari Google Trends, Medsos dan pengalaman pribadi dan orang lain dengan sudut pandang yang berbeda.***

Pos terkait

banner 468x60